Apa itu Diakonia?

Diakonia PMK ITB merupakan salah satu badan perlengkapan PMK ITB (AD ART Pasal 9) yang berupa komisi/tim kerja. Diakonia PMK ITB membantu para mahasiswa Kristen ITB yang kesulitan dalam memenuhi biaya hidup sehari-hari. Namun, apa sebenarnya arti dari Diakonia itu?

Diakonia secara etimologi dalam bahasa Yunani διακονεο (diakoneo) berarti melayani sebagai pelayan dapur, yang menantikan perintah di sekitar meja makan (Mat 8 :15; Efesus 4:12). Pekerjaan yang seperti ini bukanlah pekerjaan yang menyenangkan karena suatu saat akan menerima tekanan, hinaan, ataupun cacian dari orang yang merasa kurang puas dilayani. Jika ditinjau lebih luas lagi, arti kata ini menyatakan seseorang yang memperhatikan kebutuhan orang lain, kemudian berupaya untuk dapat menolong memenuhi kebutuhan tersebut. Arti pelayanan diakonia berbeda dengan arti pelayanan dari kata-kata lainnya dalam bahasa Yunani seperti doulos (bekerja sebagai budak), litourgikos (melayani di depan publik), dan lainnya. Apa perbedaannya? Bahwa pelayanan diakonia berkaitan erat dengan upaya menolong orang lain.

Kalau dalam gereja-gereja, diakonia merupakan salah satu yang namanya “tugas panggilan gereja”  selain koinonia (bersekutu) dan marturia (bersaksi). Pelayanan diakonia dapat berupa pelayanan terhadap warga lanjut usia, menyediakan beasiswa, pembagian sembako, bantuan bencana, dan sebagainya. Namun dalam PMK ITB yang lingkup pelayanannya adalah mahasiswa, maka Diakonia PMK ITB khusus membantu jemaat PMK ITB yang kesulitan dalam biaya hidup saja.

Referensi Buku : Orang Kristen dan Pelayanannya oleh Petrus Setiadarma

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s